アルカイダ幹部 アフガンの米軍収容施設から脱走

【ワシントン吉田弘之】アフガニスタン駐留米軍基地内の収容施設から今年7月10日、国際テロ組織アルカイダの幹部、オマル・アルファルク*1容疑者が逃亡していたことが2日、明らかになった。AP通信などが報じた。同容疑者はインドネシア治安当局が02年、東南アジアを中心に活動するイスラム過激派「ジェマー・イスラミア(JI)」と連携していたとしてジャカルタで逮捕し、米当局に引き渡した。米政府はインドネシア側に同容疑者の脱走を通報していなかった。(...)

ロイター通信によると、今週米テキサス州で開かれたアフガンでの収容者虐待事件の裁判で、弁護側が同容疑者を証人申請し、明らかになった。(毎日新聞, 11月3日21時21分更新)


"Paradoks Amerika" (Editorial, MIOL 07 November 2005) から.

Farouq ditangkap di Masjid Agung Bogor, Jawa Barat, 5 Juni 2002. Indonesia kemudian menyerahkan pria kelahiran Kuwait yang menikahi *2 perempuan Indonesia itu kepada Amerika. Padahal, dengan dugaan berbagai pengeboman di Indonesia, mestinya Farouq diadili di dalam negeri. Namun, 'tekanan' Amerika membuat Indonesia mengalah.

Jadi, sungguh mengherankan, Amerika tidak memberi tahu Indonesia tentang kasus kaburnya Farouq. Ia kabur dari penjara Juli silam dan baru terungkap dalam persidangan militer di Texas, 2 November lalu.

Ada yang mengatakan kaburnya Farouq *3 untuk menciptakan hantu teror baru agar ada alasan untuk terus berperang melawan terorisme. Dan, teroris buat Amerika bisa siapa saja. Yang pasti mereka yang tidak menyukai 'Negeri Paman Sam' itu. Inilah paradoks Amerika!

*1:Omar Al-Farouk

*2:menikah dengan

*3:Farouq が逃亡したこと